Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Permainan Gambar Acak pada Siswa Kelas V SDN 2 Baadia

Penulis

  • Faslia Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.57250/ajpp.v2i1.162

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Permainan Gambar Acak, Pembelajaran IPS

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui hasil belajar IPS melaui model pembelajaran kooperatif tipe permainan gambar acak pada siswa kelas V SD Negeri 2 Baadia. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan evaluasi tes siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulan sebagai berikut: (1) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Permainan Gambar Acak pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 2 Baadia dapat meningkatkan aktivitas guru. Persentase pada siklus I sebesar 44,44%, dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. (2) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Permainan Gambar Acak pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 2 Baadia dapat meningkatkan aktivitas siswa. Persentase pada siklus I sebesar 61,53%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. (3) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Permainan Gambar Acak pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Baadia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase pada siklus I sebesar 37,03%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,18%.

Referensi

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Surya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnie, F. (2005). Portofolio dalam pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Isi Kelas III Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Isnaini, Y. F. (2010). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe Permainan Gambar Aacak Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Kendari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Halu Oleo.

Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Pelajar Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Silabus IPS Kelas III Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Solihatin, E., & Harjo. (2008). Pembelajaran Cooperatif IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, A. (2001). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sukarni. (2016). Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Permainan Gambar Aacak Menunjukkan Adanya Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 03 Maligano. Skripsi Universitas Halu Oleo.

Suparno, P. (2008). Riset tindakan untuk pendidik. Jakarta: Grasindo.

Sutikno, S., & Fathurrohman, P. (2007). Strategi belajar mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-26

Cara Mengutip

Faslia. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Permainan Gambar Acak pada Siswa Kelas V SDN 2 Baadia. Arus Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.57250/ajpp.v2i1.162

Terbitan

Bagian

Artikel