Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing di Kelas IV SD Negeri 2 Angata
DOI:
https://doi.org/10.57250/ajpp.v1i2.89Kata Kunci:
Hasil Belajar PPKn, Model pembelajaran, Role PlayingAbstrak
Tujuan penelitan ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan Model Pembelajaran Role Playing di Kelas IV SDN 2 Angata. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, mencakup: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SD Negeri 2 Angata Kabupaten Konawe Selatan berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rata-rata nilai peserta didik siklus I adalah 74,13 meningkat menjadi menjadi 82,86 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I adalah 64.00% (16 orang peserta didik), naik menjadi 88,00% (22 orang peserta didik) pada siklus II. (2) Persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan 1 sebesar 79,46% dan pertemuan 2 sebersar 81,25%. Persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru pada siklus II pertemuan 1 adalah 91,07% dan pertemuan 2 adalah sebesar 98,21%. (3) Persentase aktivitas belajar peserta didik siklus I pertemuan pertama adalah 79.17% dan pertemuan kedua sebesar 81.25%, siklus II pertemuan pertama sebesar 91.67% dan pertemuan kedua sebesar 97.92%. Kesimpulan penelitian ini adalah: Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV SD Negeri 2 Angata Kabupaten Konawe Selatan dapat ditingkatkan dengan menerapkan model Pembelajaran Role Playing.
Referensi
Aim, A. (2007). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Membangun Warga Negara yang Demokratis. Jakarta: Grafindo Media Pratama.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Cholisin. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: FIS UNY.
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hisyam, Z. (2013). Strategi Pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Miftahul, H. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Hubungan Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 611-620.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Slameto. (2016). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Indonesia.
Soemantri. (2017). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Sudjana, N. (2012). Cara Belajar Peserta didik Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sunarso. (2006). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNYPress
Suwariyah, W. (2011). Model-Model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Taniredja, T. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Anata Saputri, Kasmawati, Ahmad
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.