Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV Pada Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbantuan Media Ludo Mathematic
DOI:
https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i3.697Kata Kunci:
Komunikasi matematis, odel pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), media ludo mathematicAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions berbantuan media Ludo Mathematic pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV materi pecahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design (Desain Eksperimen Semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SD Negeri Cilegon VII tahun ajaran 2023-2024 dan sampelnya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Analisis data dilakukan pada saat awal pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen yang menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media ludo mathematic lebih baik yaitu sebesar 83,33 dari pada rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas kontrol yang hanya menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan nilai sebear 69,58. Hasil uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 26 menggunakan uji Independent Sample t Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,016 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions berbantuan media ludo mathematic terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD Negeri Cilegon VII
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Masfuffah Alawiyah, Ika Evitasari Aris, Fauzi Fadliansyah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.