Pengembangan Media Kartu Bergambar Berbasis Nilai Moral dalam Mengoptimalkan Kreativitas Menulis Pantun
DOI:
https://doi.org/10.57250/ajup.v4i2.637Abstrak
Peserta didik kelas VII mengalami kesulitan dalam membuat pantun dikarenakan peserta didik memiliki kendala untuk menentukan ide awal pembuatan pantun tersebut. Pantun dapat dijadikan sebuah medium peserta didik mempelajari dan meningkatkan nilai moral dalam kehidupan sehari-hari yang kini peserta didik kurang menerapkan nilai moral dengan baik. Selain itu, media pembelajaran untuk pembelajaran pantun guna membantu peserta didik menemukan ide membuat pantun masih minim. Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi pengajar bahasa Indonesia kelas VII dalam membantu peserta didik menemukan ide membuat pantun yang dapat memiliki keterkaitan dengan nilai moral secara bersamaan. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang dapat membantu pengajar memadukan ide awal membuat pantun dan nilai moral. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah Research and Development dengan menggunakan teori ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara dengan pengajar bahasa Indonesia kelas VII dan pengisian angket yang dilakukan oleh peserta didik kelas VII. Hasil penelitian pengembangan produk dalam penelitian ini memiliki rata-rata respon dari 95 peserta didik sebesar 86% dengan memperoleh kriteria sangat layak. Dengan presentase tersebut, media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam pembelajaran menulis pantun berbasis nilai moral di kelas VII.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Irene Rahmadini, Aida Sumardi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.