Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV melalui Penerapan Media Pembelajaran Digital (Quizizz) di SDN 4 Sokong
DOI:
https://doi.org/10.57250/ajpp.v2i3.272Kata Kunci:
Digital media, Quizizz, Student learning motivationAbstrak
Peningkatan motivasi belajar siswa kelas 4 melalui penerpan media pembelajaran digital (Quizizz) di SDN 4 Sokong Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 4 Sokong yang berjumlah 15 siswa 10 laki-laki dan 5 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV melalui penerapan media pembelajaran berbasis digital (Quizizz) dil sekolah dasar negeri 4 sokong tahun pelajaran 2022/2023. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media digital quizizz dapat meningkatkan motovasi belajar siswa kelas 4 SDN 4 sokong tahun pelajaran 2022/2023 dilihat dari fokus dan semangat semua siswa yang hampir memiliki peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dan Siklus II. Pada kondisi pra siklus presentase motivasi belajar siswa sebesar 45,00%, pada siklus I pada pertemuan I mengalami peningkatan 53,00%, pada pertemuan II mengalami sedikit peningkatan yaitu 62,00%, sedangkan pada siklus II pada pertemuan Ke I presentasenya mencapai 74,00% dan pada pertemuan Ke II mencapai 84,00%. sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media aplikasi Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Referensi
Anjani P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Propesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Sisawa, Yogyakarta: CV Budi Utama. Https://Books.Google.Co.Id/Books/ About/ Penelitian_Tindakan_Kelas.
Arikunto, S. (2012).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Astuti, D., & Fatimah, S. (2022). Pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 10 palembang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 2(1), 7-16.
Huda, H. (2022). Pembelajaran melalui quizizz sebagai aplikasi evaluasi belajar di kelas VIII B untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPA MTSN 4 Jombang tahun 2021. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Special Issue 2), 333-342.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat media pembelajaran digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sd selama pandemi covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1-5.
Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4 (2), 87.
Pusparani, H. (2020). Media quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas VI di SDN guntur kota cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269-279.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0: Kajian dari perspektif pembelajaran matematika. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.
Roberta H. U. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia.
Safitri, A., Dama, L., & Ahmad, J. (2023). Pengembangan Instrumen Evaluasi Melalui Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 11(1), 61-79.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wardaya, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Dengan Kemampuan Teknologi Digital Sebagai Variabel Mediasi,” Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dini Sapitri, Muhammad Muhajirin, Lalu Habiburrahman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.