Pengaruh Bermain Game Online terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa SMKS Alam Karya
DOI:
https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i3.708Kata Kunci:
Game Online, Motivasi Belajar, EkonomiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain game online terhadap motivasi belajar ekonomi siswa/i SMKS Alam Karya. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan sampel random proporsional dengan jumlah sampel 50 siswa/i di SMKS Alam Karya. Data yang digunakan adalah Analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan uji hipotesis di peroleh thitung > ttabel yakni 2,496 > 2,101 dan nilai signifikansi <α = 5 % atau 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uji signifikansi diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara game online terhadap motivasi belajar ekonomi siswa/i SMKS Alam Karya. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS diperoleh (R Square) adalah sebesar 0,115 hal itu menunjukan bahwa tingkat pengaruh game online terhadap motivasi belajar ekonomi siswa/i adalah 11,5%. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,339. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi game online (X) terhadap motivasi belajar ekonomi (Y) adalah 11,5% sedangkan sisanya 88,5% di pengaruhi variabel lain yang tidak dijelaksan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan kebijakan pendidikan, khususnya terkait dengan pengurangnya siswa bermain game online
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Firda Rizky Anugrah, Supriyadi, Agung Widodo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.